Penerbangan Baru di Bandara Samarinda Ini Rutenya

PorosNasional. Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda. Saat ini, bandara tersebut sudah melayani beberapa penerbangan dan yang paling terbaru dua rute lagi yaitu Samarinda-Berau dan Samarinda-Makassar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti untuk rute penerbangan Berau-Samarinda dilayani maskapai Wings Air. Dia menjelaskan penerbangan perdana tersebut sudah dilakukan dengan baik setelah pesawat Wings Air dengan kode penerbangan IW 1484 berangkat dari Berau pada Rabu (28/11) pukul 08.00 WITA dan kembali ke Berau pada 09.15 WITA.

Dia menjelaskan, penerbangan Wings Air tersebut dilayani menggunakan pesawat tipe ATR 72 dan dijadwalkan beroperasi setiap hari. “Ini jadwalnya pukul 09.15 WITA untuk rute Samarinda-Berau dan pukul 08.00 WITA untuk rute Berau-Samarinda,” kata Polana,

Sementara itu, untuk rute penerbangan Makassar-Samarinda juga dilayani oleh maskapai nasional Batik Air. Penerbangan awal tersebut terlaksana setelah pesawat Batik Air dengan kode penerbangan ID 6687 berangkat dari Makassar Rabu 13.30 WITA dan terbang kembali ke Makassar pukul 15.25 WITA

Penerbangan Batik Air dilayani menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang. Selanjutnya penerbangan tersebut dijadwalkan beroperasi setiap hari dengan jadwal pukul 15.25 WITA untuk rute Samarinda-Makassar dan pukul 13.30 WITA untuk rute Makassar-Samarinda.

Polana mengatakan, Bandara APT Pranoto merupakan pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi. Sebab, landasan pacu di Bandara Temindung terbatas dan sering mengalami banjir ketika musim hujan.

“Terlebih berada di lokasi padat pemukiman sehingga rawan bagi keselamatan dan keamanan penerbangan,” jelas Polana.

Sebelumnya, beberapa maskapai telah beroperasi di Samarinda yaitu Garuda Indonesia dan Batik Air yang melayani rute langsung ke Jakarta. Begitu juga dengan Travel Express yang melayani Samarinda-Berau PP tujuh kali sepekan, Samarinda-Melak PP tujuh kali sepekan, dan Samarinda-Tanjung Selor PP tiga kali sepekan yang semuanya menggunakan pesawat udara jenis ATR 42 dengan kapasitas 42 kursi. Maskapai Susi Air juga melayani rute Samarinda-Balikpapan setiap hari dengan pesawat udara jenis cessna dengan kapasitas 12 kursi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan Hari Disabilitas International Dilaksanakan Di Bekasi

Novel Bamukmin Meminta Polisi Agar Tidak Mengizinkan Aksi 212 Tandingan yang Diinisiasi Kapitra Ampera

Menhub Ingin Kembangkan Kapal Bambu Karya ITS